Suspensi Double Wishbone
bagi kalian yeng telah lama bermain di dunia otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Double Wishbone. Double Wishbone adalah salah satu jenis dari suspensi atau arm yang umumnya digunakan pada mobil. tapi ada juga sepeda yang menggunakan suspensi Double Wishbone.
Kelebihan Double Wishbone
- Pengaturan variasi sudut roda bisa lebih mudah dan lebih presisi dibandingkan jenis-jenis suspensi lainnya. untuk lebih memperjelas mengenai sudut roda, berikut adalah link mengenai jenis-jenis variasi sudut pada roda dan arm
- Dapat di kombinaskian dengan sistem Anti-Rollbar dengan mudah
- dapat mempertahankan posisi ban terhadap jalan
- Handling dan stabilitas yang lebih baik dari jenis suspensi lainnya
Kekurangan Double Wishbone
Jika anda mencari kekurangan Double Wishbone di search-enginee seperi Google atau Yahoo, ada beberapa orang yang menuliskan bahwa Suspensi Double Wishbone akan menyebabkan ban lebih cepat aus dan juga Ball-Joint cepat rusak. tapi sebenarnya kekurangan yang berhubungan dengan reliabilitas komponen itu bisa ditangani degan perencanaan yang benar dan matang.
Kekurangan utama dari suspensi ini adalah harganya yang mahal serta mekanismenya yang rumit. sebenarnya yang membuat perencanaan suspensi ini rumit adalah jika anda ingin memaksimalkan peforma dari suspensi Double Wishbone ini.
Sebenarnya tingkat kerumitan dari suspensi ini ditentukan dari tujuan anda. Jika target anda hanya untuk kendaraan sehari-hari, maka anda tidak memerlukan perencanaan yang rumit untuk membuat Suspensi ini. tapi jika tujuan anda adalah untuk memaksimalkan performa mobil seperti untuk mengikuti kompetisi yang berhubungan dengan kecepatan, percepatan dan power mobil, maka perencanaanya juga akan rumit
Bagian-Bagian dan funsi Suspensi Double Wishbone
- Upper Bone & Lower Bone
berfungsi mempertahankan posisi roda terhadap jalan. dalam prakteknya, upper bone dan lower bone biasanya memiliki geometri yang berbeda, dimana biasanya lower bone lebih panjang daripada upper bone. untuk lebih memahami mengenai geometri Double Wishbone anda bisa melihat artikel dibawah ini: - Arm Control Bar
arm conrol bar biasa digunakan untuk mengatur sudut Toe dari roda. jika pada roda depan, arm control bar juga berfungsi sebagai batang kemudi yang mentransmisikan pergerakan dari stir sehingga roda bisa berbelok - Joint
fungsi dari joint adalah sebagi tumpuan yang memiliki sumbu putar. sehingga roda dapat berbelok ataupun merespon beban sehingga beban tersebut dapat di transmisikan ke shock/suspensi - suspensi/shock
berfungsi untuk mentransmisikan beban mobil ke roda. perubahan posisi arm saat menerima beban yang berbeda disebabkan oleh elastisitas dari material shock.
Comments
Post a Comment